1.1
Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS
1.1.1
Pengertian ISD
Ilmu Sosial Dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan
yang menelaah masalah – masalah sosial yang timbul dan berkembang, khususnya
yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian
(fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian
dalam lapangan ilmu-ilmu social. pengetahuan yg menelaah masalah - masalah
sosial, khususnya masalah – masalah yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia,
dengan menggunakan Teori – teori yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian
dalam lapangan ilmu – ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi,
Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).
1.1.2 Pengertian IPS
IPS merupakan suatu program pendidikan dan bukan
sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam
nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science), maupun
ilmu pendidikan. Social Scence Education Council (SSEC) dan National Council
for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai “Social Science Education” dan
“Social Studies”. Dengan kata lain, IPS mengikuti cara pandang yang bersifat
terpadu dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik,
ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya.
1.1.3 Tujuan ISD
ISD membantu
perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh
wawasan yg lebih luas dan ciri – ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap
mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dlm
menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia – manusia lain
terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik.
ISD juga
merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan
pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi
gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran
mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga
kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
1.1.4 Tujuan IPS
Kurikulum 2004
(tingkat SD) menyatakan bahwa, Pengetahuan Sosial bertujuan untuk:
1. mengajarkan
konsep-konsep dasar sosiologi, geografi, ekonomi, sejarah, dan kewarganegaraan,
pedagogis, dan psikologis.
2. mengembangkan
kemampuan berpikir kritis dan kreatif, inkuiri, memecahkan masalah, dan
keterampilan sosial
3. membangun komitmen
dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4. meningkatkan
kemampuan bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, baik
secara nasional maupun global.
1.1.5 3 Kelompok ilmu
pengetahuan
1. Ilmu Pengetahuan Alam, adalah istilah yang digunakan yang merujuk
pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam
dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun.
2. Ilmu
Pengetahuan Sosial, adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan
dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda
dengan seni dan humaniora karena menekankan
penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda
kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian
dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan
interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu
3. Ilmu
Pengetahuan Budaya/Ilmu Humaniora, adalah ilmu yang mempelajari cara hidup yang
berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari
generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit,
termasuk sistemagama dan politik, adat istiadat, bahasa,
perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.
1.2 Perbedaan Serta Persamaan
ISD dan IPS
1.2.1 Perbedaan ISD dengan IPS :
1. ISD diberikan di perguruan
tinggi saja sedangkan IPS diberikan dari SD hingga jenjang SMA.
2. ISD salah satu mata kuliah
tunggal sedangkan IPS terdiri dari sejumlah mata pelajaran lanjutan.
3. ISD diarahkan untuk pembentukan
sikap sedangkan IPS diarahkanuntuk pembentukan keterampilan.
1.2.2 Persamaan ISD dengan IPS :
1. Keduanya merupakan bahan studi
untuk pedidikan
2. Keduanya bukan disiplin ilmu
yang berdiri sendiri.
3. Keduanya mempunyai pembahasan
yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
1.3
Ruang Lingkup ISD
1.3.1 3 golongan bahan
pelajaran ISD
1. Konsep - konsep sosial dibatasi
pada Konsep Dasar atau Elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah - masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
2. Masalah - masalah sosial yang
timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam
berbagai kenyataan - kenyataan sosial yang antara satu dengan
yang lain saling berketerkaitan.
3. Kenyataan sosial yang ada dalam
masyarakat secara bersama - sama merupakan masalah sosial tertentu.Kenyataan -
kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli Ilmu
- Ilmu Sosial, oleh karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau
sudut pandangnya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan
Interdisiplin/Multidisiplin.
Sumber
:
https://wisnuardiansyah.wordpress.com/2010/10/03/pengertian-isd-ilmu-sosial-dasar/
https://handriandio07.wordpress.com/2013/10/01/3-kelompok-ilmu-pengetahuan/
https://www.padamu.net/hakikat-dan-tujuan-pendidikan-ilmu-pendidikan-sosial-ips#:~:text=mengembangkan%20kemampuan%20berpikir%20kritis%20dan,nilai%2Dnilai%20sosial%20dan%20kemanusiaan
https://isdiman95.wordpress.com/2015/09/24/pengertian-tujuan-perbedaan-dan-persamaan-isd-dan-ips-ruang-lingkup-isd/
https://josuaryananda.wordpress.com/2015/10/28/persamaan-dan-perbedaan-isd-dan-ips/
https://dianalfidarmawan.blogspot.com/2014/10/3-golongan-bahan-pelajaran-ilmu-sosial.html#:~:text=Akan%20tetapi%20juga%20masih%20menggunakan,sosiologi%2C%20antropologi%2C%20psykologi%20sosial.
Komentar
Posting Komentar