PENGERTIAN, PERSAMAAN DAN PERBEDAAN, SERTA RUANG LINGKUP ISD

 



1.1 Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS

          1.1.1 Pengertian ISD

Ilmu Sosial Dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah sosial yang timbul dan berkembang, khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social. pengetahuan yg menelaah masalah - masalah sosial, khususnya masalah – masalah yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori – teori yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).

1.1.2 Pengertian IPS

IPS merupakan suatu program pendidikan dan bukan sub-disiplin ilmu tersendiri, sehingga tidak akan ditemukan baik dalam nomenklatur filsafat ilmu, disiplin ilmu-ilmu sosial (social science), maupun ilmu pendidikan. Social Scence Education Council (SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS), menyebut IPS sebagai “Social Science Education” dan “Social Studies”. Dengan kata lain, IPS mengikuti cara pandang yang bersifat terpadu dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan sebagainya.

1.1.3  Tujuan ISD

ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri – ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dlm menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia – manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik. 

ISD juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.

1.1.4 Tujuan IPS

Kurikulum 2004 (tingkat SD) menyatakan bahwa, Pengetahuan Sosial  bertujuan untuk:

1.     mengajarkan konsep-konsep dasar sosiologi, geografi, ekonomi, sejarah, dan kewarganegaraan, pedagogis, dan psikologis.

2.     mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan sosial

3.     membangun komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan

4.     meningkatkan kemampuan bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, baik secara nasional maupun global.

  1.1.5 3 Kelompok ilmu pengetahuan

1. Ilmu Pengetahuan Alam, adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu  dimana  obyeknya  adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun.

2. Ilmu Pengetahuan Sosial, adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan  metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu

3. Ilmu Pengetahuan Budaya/Ilmu Humaniora, adalah ilmu yang mempelajari cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistemagama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

 

 1.2 Perbedaan Serta Persamaan ISD dan IPS

 

1.2.1 Perbedaan ISD dengan IPS :

1.    ISD diberikan di perguruan tinggi saja sedangkan IPS diberikan dari SD hingga jenjang SMA. 

2.    ISD salah satu mata kuliah tunggal sedangkan IPS terdiri dari sejumlah mata pelajaran lanjutan.

3.    ISD diarahkan untuk pembentukan sikap sedangkan IPS diarahkanuntuk pembentukan keterampilan.

 

 1.2.2 Persamaan ISD dengan IPS :

1.    Keduanya merupakan bahan studi untuk pedidikan

2.    Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.

3.    Keduanya mempunyai pembahasan yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

 

1.3 Ruang Lingkup ISD

 

 1.3.1  3 golongan bahan pelajaran ISD

1.    Konsep - konsep sosial dibatasi pada Konsep Dasar atau Elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah - masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.

2.    Masalah - masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai   kenyataan - kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lain saling berketerkaitan.

3.    Kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat secara bersama - sama merupakan masalah sosial tertentu.Kenyataan - kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli Ilmu - Ilmu Sosial, oleh karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan Interdisiplin/Multidisiplin.

 

 

 

Sumber :

https://wisnuardiansyah.wordpress.com/2010/10/03/pengertian-isd-ilmu-sosial-dasar/

https://handriandio07.wordpress.com/2013/10/01/3-kelompok-ilmu-pengetahuan/

https://www.padamu.net/hakikat-dan-tujuan-pendidikan-ilmu-pendidikan-sosial-ips#:~:text=mengembangkan%20kemampuan%20berpikir%20kritis%20dan,nilai%2Dnilai%20sosial%20dan%20kemanusiaan

https://isdiman95.wordpress.com/2015/09/24/pengertian-tujuan-perbedaan-dan-persamaan-isd-dan-ips-ruang-lingkup-isd/

https://josuaryananda.wordpress.com/2015/10/28/persamaan-dan-perbedaan-isd-dan-ips/

https://dianalfidarmawan.blogspot.com/2014/10/3-golongan-bahan-pelajaran-ilmu-sosial.html#:~:text=Akan%20tetapi%20juga%20masih%20menggunakan,sosiologi%2C%20antropologi%2C%20psykologi%20sosial.

 

 

 


Komentar